Berikut ini adalah materi Ekonomi kelas VIII Semester 1 mengenai Pasar.
PASAR
A. Pengertian
1. Pasar : sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk melaksanakan transaksi jual beli.
B. Syarat-Syarat Terbentuknya Pasar :
1. Terdapat penjual.
2. Terdapat pembeli.
3. Barang atau jasa yang diperjualbelikan tersedia.
4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
C. Fungsi dan Peranan Pasar bagi Kegiatan Ekonomi Masyarakat
1. Fungsi pasar bagi kegiatan ekonomi masyarakat :
a. Fungsi Distribusi : memperlancar penyaluran barang/jasa dari produsen ke konsumen.
b. Fungsi Pembentuk Harga : mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli dengan cara tawar menawar. Melalui tawar menawar akan terbentuk harga yang bisa diterima oleh penjual maupun pembeli.
c. Fungsi Promosi : membangkitkan minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
2. Peranan pasar bagi kegiatan ekonomi masyarakat :
a. Kegunaan pasar bagi konsumen è memudahkan konsumen mendapatkan barang yang dibutuhkan.
b. Kegunaan pasar bagi produsen è media untuk menarik minat konsumen dan tempat memasarkan produk.
c. Kegunaan pasar bagi pemerintah è menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pemerintah dalam melaksanakan pembangunannya; sumber pendapatan bagi pemerintah daerah; dan menyediakan alat-alat pertanian, bibit unggul, dan pupuk.
D. Jenis-Jenis Pasar
1. Pasar berdasarkan wujudnya:
a. Pasar konkret : pasar dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan barang yang diperjualbelikan terlihat secara fisik.
1) Contoh :
a) Warung.
b) Pasar induk.
c) Supermarket.
d) Mal.
e) Toko.
b. Pasar abstrak : pasar dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dan barang yang diperjualbelikan tidak terlihat secara fisik.
1) Contoh :
a) Bursa Efek Jakarta.
b) Pasar uang.
c) Bursa tenaga kerja.
2. Pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan :
a. Pasar barang produksi : pasar yang memperjualbelikan barang produksi.
1) Contoh :
a) Pasar tenaga kerja.
b) Pasar bibit tanaman.
c) Pasar modal.
b. Pasar barang konsumsi : pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi atau barang yang secara langsung dapat dikonsumsi.
1) Contoh :
a) Toko buku.
b) Pasar sayur-sayuran.
c) Pasar ikan.
3. Pasar menurut waktu penyelenggaraan
a. Pasar harian : pasar yang penyelenggaraannya dilakukan setiap hari.
1) Contoh :
a) Pasar Tanah Abang Jakarta.
b) Pasar Klewer di Solo.
c) Pasar 16 Ilir di Palembang.
b. Pasar mingguan : pasar yang berlangsung seminggu sekali.
1) Contoh :
a) Pasar Senen di Cirebon.
b) Pasar Kliwon di Solo.
c) Pasar Pekan Raba’a di Bukittinggi.
c. Pasar bulanan : pasar yang kegiatan jual belinya terjadi sebulan sekali.
1) Pasar seni.
2) Pasar hasil industri.
3) Pasar hewan.
d. Pasar tahunan : pasar yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun.
1) Contoh :
a) Jakarta Fair.
b) Pasar Malam Sekaten di Solo dan Yogyakarta.
c) Solo Fair.
4. Pasar menurut luas jangkauan distribusi
a. Pasar Lokal : pasar yang daerah transaksi perdagangannya hanya meliputi suatu daerah kecil saja.
1) Contoh :
a) Pasar Desa.
b. Pasar Daerah : pasar yang daerah transaksi perdagangan meliputi daerah tertentu.
1) Contoh :
a) Pasar kotif.
b) Pasar kabupaten.
c) Pasar provinsi.
c. Pasar Nasional : pasar yang daerah transaksi perdagangannya meliputi seluruh wilayah suatu negara.
1) Contoh :
a) Pasar modal.
b) Pasar tenaga kerja.
d. Pasar internasional : pasar yang daerah transaksi perdagangannya meliputi seluruh dunia.
1) Contoh :
a) Pasar kopi di Brazil.
b) Pasar karet di New York.
c) Pasar tembakau di Jerman.
5. Pasar menurut strukturnya :
a. Pasar persaingan sempurna : pasar dimana jumlah penjual maupun pembeli sama- sama banyak dan diantara keduanya tidak bisa saling mempengaruhi.
1) Ciri-ciri :
a) Banyak penjual dan pembeli.
b) Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen.
c) Penjual dan pembeli bebas keluar masuk di bidang usaha yang bersangkutan.
d) Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar dan harga.
e) Tidak ada pengaruh dan campur tangan dari pihak manapun dalam penetuan harga. Baik itu dari penjual, produsen, maupun pemerintah.
b. Pasar persaingan tidak sempurna : pasar dimana jumlah penjual lebih sedikit dari jumlah pembeli.
1) Ciri-ciri :
a) Jumlah penjual dan pembeli sedikit.
b) Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat heterogen.
c) Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar terbatas.
d) Penjual baru dalam bidang sejenis sangat sulit memasuki pasar karena terdapat hambatan.
E. Penelitian Sederhana Tentang Pasar
1. Tahap Penelitian :
a. Tahap persiapan:
1) Persiapan perizinan.
2) Daftar pertanyaan.
b. Tahap Pelaksanaan :
1) Pengamatan langsung terhadap pasar yang menjadi objek penelitian.
2) Pengumpulan data yang berhubungan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan yang ada.
c. Tahap Membuat Laporan Hasil Penelitian :
1) Setiap kegiatan yang telah dilakukan dirangkum menjadi sebuah laporan hasil penelitian
F. Mengomunikasikan Data Hasil Penelitian
1. Cara mengomunikasikan data hasil penelitian :
a. Diterbitkan dalam media cetak.
b. Diumumkan dalam media elektronik.
c. Disampaikan dalam diskusi panel/simposium.
d. Disosialisasikan langsung kepada masyarakat.